Senin, 27 Februari 2012

Curup Cungkok

Curup Cungkok

Tidak salah klo kota Pagaralam itu di juluki sebagai kota seribu Air Terjun... karena di kota Pagaralam ini memang terdapat banyak sekali obyek wisata air terjun ato curup.
Dari beberapa obyek wisata air terjun ini, mungkin para pembaca mengetahui beberapa curup ato air terjun yang sering didengar seperti Air Terjun Lematang Indah, Curup Mangkok, Curup Jahe, Curup Embun atopun Curup Tujuh kenangan.
Tapi kali ini saya akan menulis tentang Curup Cungkok yang berada di kota Pagaralam, tepatnya di kecamatan Dempo Utara. berada diantara desa Cawang Baru dan Muara Siban.
Jika wisatawan datang ke kota Pagaralam dan bertanya tentang curup apa saja yang ada d kota Pagaralam, maka yang akan di beritahu pastilah bukan Curup Cungkok. tapi beberapa Curup yang disebutkan di atas.
mengapa??????
jawabnya simpel bangetsss, sama seperti penulisnya.... hahahahahha... becanda sedikit boleh kan????
jawaban sebenarnya adalah karena Curup Cungkok ini tidak diketahui banyak orang. baik dari orang asli Pagaralam, apalagi para wisatawan.
itu semua disebabkan karena Curup Cungkok tidak terdapat di tempat yang banyak penduduknya, tapi terdapat di areal perkebunan kopi milik petani desa sekitar. belum lagi ditambah dengan tidak adanya angkutan umum yang lewat ke tempat ini.
Curup Cungkok berada sekitar 9km dr pusat kota, ato sekitar 4km dari desa Cawang Baru atopun Muara Siban. tetapi ada sebuah kampung kecil yang disebut Talang sekitar 1km dr sana.

sebenarnya jalan menuju Curup Cungkok ini sudah cukup baik dengan sudah diaspalnya jalan. tetapi untuk pengembangannya sendiri, itu mungkin tidak ada sama sekali, padahal Curup Cungkok ini sangat indah dan masih asri.
Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 60mnt dari kota Pagaralam, tetapi jalannya memang sedikit kecil dan curam. d sana juga tidak terdapat parkiran motor ato mobil. jadi pengunjung harus memarkirkan kendaraan d pinggiran jalan. setelah itu jalan kaki sekitar 100meter melewati jalan setapak yang lumayan curam dan sedikit menantang. apalagi disamping kiri dan kanan jalan setapak terdapat banyak pohon-pohon berduri tajam.
wah..wah.... ternyata memang cukup repot ya untuk datang kesana?????
tapi gak usah takut, semua perjuangan pengunjung pasti akan terbayar saat sampai di sungai yang ada di bawahnya...
di sini terdapat dua buah curup satu di bagian atas sungai, dan satunya lagi dibagian hilirnya. dua-duanya cukup indah dan menarik ko... jadi pengunjung dijamin gak bakalan kecewa dech....
curup yang ada di bagian atas itu adalah curup yang memang berasal dari aliran sungai utama dengan ketinggian sekitar 10meter, yang dikiri dan kananya adalah dinding batu yang tinggi dan dipenuhi pepohanan dan rumput-rumput liar.
ditengah-tengah ada sebuah batu besar yang membelah sungai kecil tersebut menjadi dua aliran yang kemudian bersatu kembali. tetapi batu tersebut menjadikan tempat itu lebih menarik, karena pengunjung bisa berphoto tepat di depan Curup tersebut.


Sekarang kita lanjutkan unutk Curup kedua yang terdapat dibagian hilir sungainya ya....dari tempat curup pertama tadi kita lanjutkan ke curup yang kedua, sekitar 50meter dari curup pertama. di curup pertama ini, air terjunnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tadi. air terjunnya juga bukan berasal dari sungai utama, tetapi berasal dari sungai kecil yang ada diatas bukit batu yang terjal.
air terjun ini sangatlah indah, dan memang pantas untuk dikunjungi. air terjun yang indah dengan aliran sungai yang jernih dibawahnya sungguh merupan keindahan anugrah Tuhan yang tidak ternilai harganya.


jadi pastikan temen-temen datang dan buktikan sendiri keindahannya. saya sebagai penulis hanya bisa sedikit memberikan bayangan tentang Curup Cungkok ini. dengan maksud berbagi atau memberitahukan tempat wisata Air Terjun alternatif, yang tidak kalah menarik dan Indah dengan Air Terjun atopun Curup2 lain yang lebih terkenal di kota Pagaralam.


TUNGGU POSTINGAN BERIKUTNYA YA..... AWAS JGN LUPA....

14 komentar:

  1. Wah jadi ingat perjuangan kesana, pengalaman pertama masuk hutan,berjalan disamping jurang, tapi ketika sampai ke curug waw luar biasa indahnya,hilang semua lelah (ditambah langsung menyantap nasi bungkus, ehm tambah luar biasa petualangan hari itu). Sangat ingin kesana lagi dan berpetualang kembali, pagaralam pilihan yang tepat untuk liburan ^_^V

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi...
      bener tu dek, kapan2 ksana lg, tp jgn lp ajak temen2 lg, biar seru...

      Hapus
  2. doain ye, kmi dapat tugsa dinas ke PGA, biar bs maen lg hehehehehehehe......dijadwalkan beberpa bulan ke depan, sblm puasa....semoga....

    BalasHapus
  3. peng, koq bisa ada musknya?gmana cara?

    BalasHapus
  4. yup... dlu pas chat, aku prnh ngasih tau caranya... kmu ja yg gak perhatiin sich...

    nanti aku kirim caranya key...

    BalasHapus
  5. kulonuwon..., wah keren2 bener yang jadi model2 fotonya hehehe.. nice post like it. saya suka,saya suka B)

    BalasHapus
  6. gan .. info lokasi wisata, penginapan & biayanya...
    biar kami bisa menghitung biaya akomodasi selama di pagar alam..
    coz...kami dari luar kota pagar alam...
    terima kasih sebelumnya.....

    BalasHapus
  7. info lokasi untuk twmpat wisata d pagaralam
    1. gunung dempo
    2. lematang indah
    3. curug tujuh kenangan
    4. curug mangkok
    5. curug cungkok
    6. tebat / danau Reban

    dan masih banyak yang lainnya ko....
    untuk lokasi penginapan. ada banyak Gan. bisa di sekitar kota ataupun didaerah pegunungan
    untuk harga sewa villa untuk 2 orang yang berada tepat di area perkebunan teh milik PTPN sekitar
    150.000 per malam
    klo penginapan di daerah kota berkisar antara 75000-150000
    tergantung luas kamar

    BalasHapus
  8. Lah udem k curup maung blm?
    Me blm cbe kudai kstu. Dk kalah alap e

    BalasHapus
  9. keren curupnyo,,, *Maklum blm pernah kesano*

    Curup mingkik jg bagus lho, di jamin ketagihan kesano,,, ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yessica, thanks....
      au, dulu aku jg sering ke curug mingkik...
      cm klo dangitu, maseh seghut nagh, entah ame maini...
      kebile2 aku k sane agi...
      heheheheheheheheheeeee

      Hapus
  10. wah, kapan ya bisa main ke curup maung ini :)

    mudah - mudahan pas mudik ke lahat tahun ini bisa ke sana

    BalasHapus