Rabu, 13 April 2011

TEBAT REBAN (GHEBAN)



Tebat Reban, adalah salah satu obyek wisata yang ada d kota Pagaralam, tepatnya di kecamatan Pagaralam Selatan. Obyek wisataTebat Reban ini sangat mudah dikunjungi oleh para Wisatawan, karena tempatnya yang sangat dekat dengan pusat kota Pagaralam.
Dulu, sewaktu aku masih kecil, tempat ini masih menjadi sebuah rawa yang tak beraturan, dan masih banyak binatang-binatang liar seperti ular, babi hutan, macan akar, biawak, dll. tapi sekarang binatang-binatang itu sudah sangat jarang terlihat di daerah ini.

Tebat Reban ini juga salah satu tempat yang dianggap tempat keramat bagi banyak orang, tapi selain banyak cerita-cerita mistis baik dari warga setempat maupun dari para pengunjung, tempat ini juga sangat indah dan sangat pantas untuk dikunjungi oleh para Wisatawan.

Tebat Reban ini adalah sebuah kolam besar yang luasnya kurang lebih 4(empat) hectare, Tebat Reban ini dimiliki oleh beberapa kampung, dan bukan perorangan. jadi, kadang-kadang Tebat Reban ini dikeringkan oleh para pemilik untuk mengambil ikan, tapi tentu saja ada  syaratnya. syaratnya orang tersebut harus memotong kerbau dan mengadakan pesta bagi warga.
untuk mengeringkan Tebat Reban ini, dibutuhkan waktu sekitar 6-7 hari, setelah itu orang yang mengadakan pesta tersebut baru bs mengambil ikan lebih dulu. setelah beberapa jam berikutnya, maka semua warga kota Pagaralam boleh ikut mengambil ikan sepuasnya untuk diri sendiri. acaraini dinamakan PESTA RAKYAT.

PESTA RAKYAT PAGARALAM

Balik lagi  dalam kontes wisata, Tebat Reban ini selaluramai dikunjungi oleh warga ataupun wisatawan, setiap sore, pinggir-pinggir Tebat Reban ini biasanya di penuhi oleh muda-mudi baik bersama teman-temanya atau dengan pacar, tapi ada banyak juga pengunjung yang datang bersama keluarganya hanya untuk makan ditempat ini.

waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Tebat Reban ini adalah sore hari sekitar pukul 03.30 sampai menjelang mahgrib. karena di waktu tersebut pengunjung bisa berphoto maupun sekedar keliling-keliling Tebat Reban menggunakan Rakit bambu yang banyak disediakan disana, tapi tenang memakai Rakit tersebut tidak dipungut biaya ko. klo mo berenang juga boleh ko. Dan jika para pengunjung hobby dengan memancing, disini juga diperbolehkan, anda bisa bebas memancing tanpa dipungut biaya, disini juga terdapat kolam khusus pemancingan yang tepat berada disebelah Tebat Reban. klo pemancingan yang satu ini tentu saja bayar sesuai ikan yang kita dapat...

Jadi......
jika anda berkunjung ke kota Pagaralam, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke Tebat Reban. Andapun gak akan pernah menyesal berkunjung ke tempat ini...

sampai disini dulu infonya ya, dan jika ingin mengetahui obyek-obyek wisata lain yang ada di kota Pagaralam tunggu posting selanjutnya ya.....

3 komentar:

  1. alang ka alap foto kite tu kang
    tpe kbar PGA mkni,,msh dingen ape la panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. trime kaseh...
      d sini pangke musem ujan, jd pasti dingen...
      dmn ndie kance maini???

      Hapus
  2. alhamdulillah baik.... maini pangke musim ujan...
    merantau kmn pule maini???

    BalasHapus